Wednesday 10 December 2014

Belajar Menulis dan Konsistensinya

Yeaaay gue baru saja mendownload app Blogger dari Playstore untuk mendukung kegemaran gue akhir-akhir ini untuk kembali belajar menulis. Rate di playstore sendiri adalah 3.8 which is lebih rendah dibandingkan pesaingnya sebut saja wordpress yang punya rate diatas 4. Dari review-review terakhirnya juga kurang bagus, rata-rata bilang banyak bug dan gabisa upload foto. Hmm berhubung gue juga suka rada-rada males nyelipin foto dipostingan jadi kayanya nggak masalah. Pas buka awal tadi sih menurut gue lumayan user friendly dengan tampilan langsung ke post an kita.

Kalo dipikir-pikir semua orang pasti bisa menulis. Perkara bagus atau nggak menurut gue relatif. Masalahnya adalah kemauan untuk menulis yang seringkali timbul tenggelam. Bahkan yang lebih krusial lagi ketika kita sudah mulai menulis adalah kontinuitas dan konsistensi dalam menulis itu sendiri. Yap konsistensi. Bisa aja minggu ini gue bisa menulis buanyaaaak tapi di minggu depan bisa jadi gue mogok menulis dan memiliki sejuta alasan kenapa gue nggak bisa menulis. Mencari-cari alasan dan mencari pembenaran memang kayanya salah satu sifat dasar manusia yang patut diberantas. Males mager ga mood ga ada ide itu kayanya udah jadi kata kata andalan.

Kadang gue berpikir, kenapa ya orang-orang bisa membuat tulisan yang enak dibaca sedangkan gue masih segini gini aja. Masih menjadi a writters in my mind. Punya kata kata segudang tapi begitu dihadapkan pada keyboard mendadak blank. Baca baca baca. Latihan latihan dan latihan. Gue rasa emang itu kunci dari peningkatan kualitas tulisan. Nggak perlu peduli dan mikir takut topik atau tema tulisan lo nggak menarik atau berbobot lah, kaidah tulisan lo ga sesuai aturan lah, apalagi sampe mikir tulisan lo nggak penting buat dibaca. Jadi pembaca bagi tulisan sendiri adalah hal yang amat wise yang bisa kita lakuin dan jangan lupa minta saran dari orang terdekat dan jangan pernah berpikir tulisan lo nggak bakalan berguna! Dan terakhir, mulailah! Mulai adalah hal yang paling penting yang harus dilakukan agar bisa menulis. Semangat!

No comments:

Post a Comment